Simple Coil Heat Exchanger

Gambar di atas adalah skema dari simple coil heat exchanger. Secara umum memiliki susunan yaitu sebuah tabung/pipa utama yang ‘dililit’ oleh pipa lainnya yang lebih kecil. Pipa utama berisi air bersuhu tinggi sedangkan pipa yang lebih kecil berisi udara. Prinsip kerjanya yaitu terjadi pertukaran panas dari tabung besar yang berisi air bersuhu tinggi ke pipa yang lebih kecil yang berisi udara. Sehingga suhu air di pipa besar akan turun, sedangkan suhu udara di pipa kecil akan naik. Medium yang dipilih dalam pipa kecil adalah udara karena memiliki kerapatan yang lebih renggang dibanding air sehingga mengurangi losses akibat bentuk lintasan yang berupa coil (lilitan).

Material pipa besar yaitu dari besi sedangkan pipa kecil dari tembaga untuk memaksimalkan efisiensinya. Heat exchanger ini bisa dipakai dalam mesin yang menggunakan karburator. Udara yang merupakan hasil keluaran pipa kecil memiliki suhu yang cukup tinggi sehingga bisa dialirkan langsung ke karburator untuk proses selanjutnya. Menyebabkan efisiensi bahan bakar meningkat.

NB: Alat jadul, buat tugas display HE.

About Mahdiy

Seorang penuntut ilmu kecil-kecilan.. ^^

Posted on Januari 2, 2012, in Kuliah and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. lah orang2 pada dinginin udara yg masuk intake dengan harapan udara yg dingin lebih padat = lebih kaya oksigen persatuan volume. eh lw malah manasin udara yg masuk intake M

    • lah kaga ada hubungannye temperatur sama kadar oksigen(muai volum oksigen emang segede apasih..?). klo temperatur udara yg masuk intake itu lebih panas, ya bakal lebih mudah dibakar lah, kerja mesin jadi lebih ringan..
      model di atas udah dibikin eksperimen koq(udah jadul tapi, org masih pake karbu), n bisa naikin nilai MPG. cmiiw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: