Mass Properties pada SolidWorks

Bismillaah..

Berhubung saya baru mulai memasuki ‘dunia bisnis’ untuk mesin2 proses produksi makanan(semoga ga ganggu kuliah), maka ada satu hal yang amat penting untuk diketahui(dari sekedar bisa modeling), yaitu estimasi biaya. Ini amat berguna untuk membuat surat penawaran produksi alat yg akan diajukan kepada klien.

Cara konvensional untuk mengetahui massa/berat dari sebuah model desain ialah dengan melihat table berat logam (yg mau download tabelnya silakan klik disini). Tinggal lihat jenis dan ukuran dari material yg digunakan, kemudian lihat konversi ke berat/massanya. Kalau jenis materialnya masih 1-3 sih cukup mudah, cuma klo udah macem2 jenis materialnya missal: stainless steel sheet, rectangular pipe, shafting bar, round pipe, de el el. Tentunya akan jauh lebih rumit.

Jaman sekarang ini, hampir semua pekerjaan ada softwarenya. Utk estimasi berat yg lebih mudah tinggal gunakan software, dalam hal ini saya menggunakan SolidWorks.

misal saya ingin mengetahui berat material dari 3-tank deep fryer di bawah ini:

Sebelumnya, tentukan terlebih dahulu material yg digunakan. Caranya klik kanan pada material, edit material, dan tentukan material yg digunakan.

dala hal ini saya memilih AISI304. setelah itu tinggal klik tab evaluate, klik icon mass properties

Nanti akan muncul informasinya seperti di bawah:

Untuk deep fryer di atas, massanya ialah 105kg(masih estimasi dari model saja), kita asumsikan saja harga SUS304 itu Rp75.000/kg(kalau beli ketengan di glodok). maka untuk biaya material baja sajanya ialah 105x75rb=Rp7.875.000,-

Selain untuk estimasi biaya, estimasi berat juga berfungsi untuk menentukan spesifikasi, cara pengangkutan, kekuatan rangka, dll.

Fitur mass properties juga dapat digunakan untuk mengetahui volume solid body, surface area, CG(center of gravity), dan momen inersianya. Bener2 mantab! :D

About Mahdiy

Seorang penuntut ilmu kecil-kecilan.. ^^

Posted on Februari 3, 2012, in tutorial and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: