SWx Flow Simulation atau ANSYS FLUENT?

Tulisan ini Cuma sekilas review dari newbie yg baru belajar FLUENT, biasanya saya simulasi CFD menggunkana SolidWorks Flow Simulation(SWFS). FLUENT ialah salah satu software CFD dari ANSYS. Sedangkan SolidWorks Flow Simulation ialah add-ins SWx untuk simulasi CFDnya.

Menurut saya, Fluent diperuntukkan bagi advanced user, dengan advanced simulation. Sedang swfs recommended digunakan untuk yang baru belajar cfd, dan digunakan untuk simulasi yang tidak kompleks. Jadi untuk yg baru belajar, ya saya sarankan untuk memakai swfs aja dulu. Dengan beberapa alasan

  1. Interfaces: swfs sangat user friendly. Mudah digunakan, bahkan untuk yg buta CFD sekalipun(tinggal belajar&ngikutin tutorial yang udah include dari SWxnya(baca posting saya disini ) . Fitur wizard pada swfs memudahkan user untuk men-setting parameter2 fluida dan sistemnya. Setelah menggunakan wizard dalam settingan awal, pre-processing untuk simulasi nantinya telah dibuat berurutan, dan dalam bentuk simulation-tree/dropdown list. Misalnya saja untuk simulasi sederhana di bawah. User tinggal menginput data awal secara berurutan, mulai dari computational domain hingga convergence-goalsnya. Kemudian setelah simulasi, data hasil simulasi dapat dengan mudah dilihat di results.

    Sebenarnya pada FLUENT juga sama sih :D, tapi pada fluent, lebih banyak input parameter yg harus user masukkan(semakin banyak parameter yg dimasukkan, maka simulasi akan lebih akurat kan? Karena semakin mendekati kondisi aktualnya. Namun utk beginer -seperti saya-, malah bisa bingung sendiri, juga simulasi bisa menjadi tidak akurat. Kenapa? Karena sangat mungkin untuk salah dalam memasukkan input parameternya)

    Interface Fluent

  2. Pre-processing: untuk melakukan simulasi tentunya harus ada modellingnya dulu kan? Nah untuk yang biasa modelling di SWx tentu tinggal membuat project simulasinya(aktifkan addins flow-simulation, kalau belum aktif). Namun sebelumnya seluruh inlet dan outlet harus diberi penutup/lid (hal ini dilakukan agar fluid-region bisa tergenerate oleh swfs). Setelah itu tinggal memasukkan input parameter pada Boundary Conditions (BCs). Pada swfs, untuk memilih Bcsnya, tinggal mengklik pada face tsb.

    Sedangkan pada Fluent, untuk geometry/modellingnya, harus dibuat dulu pada software lain(karena Fluent bukan software CAD). Untuk Fluent yg terinmtegrasi dengan ANSYSnya, maka yg paling mudah untuk dilakukan ialah dengan menggunakan ANSYS Workbench. Misal modelnya dibuat dengan SWx, berarti kita harus mengimpor geometry terlebih dahulu, dan jika modelnya masih mentah, harus diproses dulu di ANSYS Design-Modeller (untuk mengekstrak fluid region, membagi bidang simetri,dll). Setelah modelnya udah matang, maka model tsb digenerate dulu dengan ANSYS Meshing untuk memperoleh mesh dari modelnya. Setelah mesh digenerate, belum dapat langsung diproses dengan Fluent, tapi User harus memilih dan memberi nama face dari model tsb yang nantinya digunakan untuk menentukan Boundary Conditions (BCs) pada Fluent.

    Beginilah flow proses simulasi dengan Fluent:

    Untuk saya pribadi, geometry sudah saya rapikan langsung dengan SWx, jadi tinggal di-meshing saja.

  3. Post-processing: untuk pengolahan data setelah simulasi, swfs benar2 mudah. Mulai dari display kontur parameter, display pergerakan partikel, juga menyimpan video simulasi, dan yang paling penting: mengekspor/menggenerate data simulasi ke ms excel.

    Nb: untuk Fluent/CFD-Post, untuk saat ini saya belum tau cara export datanya ke excel (adanya ke .csv) :hammer.

Bagaimana dengan hasil simulasinya?

Koq beda?(di atas hasil simulasi utk pressure drop di main stop valve, beda sampe 3 kPa. Bahkan yg di main control valve bedanya sampe 5 kPa) :D. Klo saya prefer mengunakan hasil dari FLUENT. Karena orang lebih percaya Fluent daripada SWFS. ANSYS gitu loh.. wkwk

Mungkin itu saja sedikit review dari saya. Fluent memang lebih cocok untuk advanced simulation. Banyak simulasi yang bisa dilakukan di Fluent yg tidak bisa dilakukan di SWFS. Seperti simulasi multi-phase; VOF(volume of Fluid), buble, combustion, boiling/condensation,dll.

Semoga bermanfaat :)

About Mahdiy

Seorang penuntut ilmu kecil-kecilan.. ^^

Posted on Juli 19, 2012, in CFD and tagged , , , . Bookmark the permalink. 13 Komentar.

  1. bos kasih alamat download prog. fluent ya.

    mahdiy:
    ga ada ane linknya bos.coba cari di mbah google aja..

  2. bisa lho mas, SWFS dibuat untuk analisa tingkat advance juga. saya juga SWFS user. bisa share mas kl mas mahdiy pernah analisa burner/combustion dengan SWFS..makasih

    • makasih buat infonya. wah klo mas kan udah pro, saya sih masih pelajar. baru sebatas nyoba2 buat tugas kuliah aja mas :D
      setahu saya memang SWFS ga bsa buat simulasi burner. karena di SWFS cuma bisa pakai 1 jenis fluid (klo burner kan kita masukin persamaan reaksi kimia pembakarannya mas). klo pun ada yg 2 fluid, itu untuk simulasi hvac-nya

  3. Mas, yang sudah support untuk SWFS itu solidwork berapa ya? saya ada yang SW 2007 bisa ga? tks.

  4. wah,bagus nih tutorialnya
    saya juga ada tutorial ansys fluent
    mungkin mas e bisa share dengan saya
    mustofaassidiqi@yahoo.com

  5. mas saya pake ansys fluent untuk menganalisa perpindahan panas pada pipa, tapi pada hasilnya ko tidak ada perpindahan panas dari air kepipanya, seolah olah air dan pipanya terpisah. tolong pencerahannya.

  6. mas bisa kirimkan softwarex d yusmartsmuven@yahoo.com. saya butuh nih mas buat tugas.

  7. mas saya akn ada tugas akhir buat turbin angin tapi di kampus sya belum diajarin ansys, boleh saya minta nomer tlpn mas, saya mw belajar ansys buat simulasi saya

  8. mas mau tanya apakah SWFS untuk sumilasi hvac ada add-ins tersediri atau sdh terintegrasi dgn add-ins SWFS.? mohon petunjuknya mas kebetulan saya pengen bngt belajar analisa cfd hvac untuk clean room

  9. la ode ahmad barata

    mas izin copas, untuk bahan belajar… sya lagi belajar CFD juga. terimakasih

  10. permisi saya mau bertanya, kalau untuk simulasi penghancuran bahan seperti pada hammer mill itu kita pakai jenis simulasi apa ya? terimakasih

Tinggalkan Balasan

