Analisis Pembebanan pada Nut Cracker

Nut cracker merupakan alat rumah tangga yang sederhana. Sesuai namanya, alat ini digunakan untuk memecahkan kacang, memang untuk Indonesia sendiri alat ini jarang digunakan, karena kacang yg membutuhkan alat untuk memecahkan kulitnya seperti oaks dan hazelnut tidak tumbuh di Indonesia. Alat ini pun bermacam macam cara kerjanya, namun saya akan mengambil yang paling sederhana

Nutcracker seperti yang ada pada gambar hanya menggunakan prinsip alat pesawat sederhana, yaitu menggunakan prinsip kerja Tuas.

Gaya yang dibutuhkan untuk memecahkan sebuah kulit kacang hanya satu per panjang tuasuntuk grip tangan dibagi dengan panjang tuas untuk memecahkan kacang.

Jenis Gaya yang bekerja pada Nutcracker ini ialah Impact Load. Tentunya user akan dengan tiba-tiba menggenggam dengan kencang tuasnya untuk memecahkan kulit kacang. Namun memang berbeda-beda antara user, ada pula yang dengan perlahan memecahkan kulit kacangnya.

Gaya yang bekerja pada nutcracker ini ditunjukkan oleh gambar disamping. Dapat kita katakana bahwa gaya yang bekerja itu ialah consentrated load, karena gaya yang bekerja di nutcracker ialah gaya dari kulit kacang dan cengkraman tangan. Dan kedua gaya tersebut terpusat pada satu tempat di tuas nutcracker.

Terakhir, nutcracker ini hanya mengalami shear tress saja. Karena haya dua arah gaya yang bekerja, yaitu gaya ke bawah dari cengkraman tangan, dan gaya ke atas sebagai reaksi dari kulit kacang tersebut. Juga bekerja momen gaya karena ujung dari tuas tsb ialah berupa pin. Semakin besar jarak antara gaya dengan pin, maka torsi yang dihasilkan pun akan semakin besar.

… bersambung utk simulasinya (entah kapan)

About Mahdiy

Seorang penuntut ilmu kecil-kecilan.. ^^

Posted on Agustus 4, 2012, in Kuliah and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: