Metodologi Pemecahan Kasus CFD

a. Identifikasi masalah:

Ini adalah tahapan paling awal sebelum melakukan simulasi. Tahapan ini meliputi pemilihan region/lokasi yang akan kita lakukan simulasi, penyederhanaan region simulasi tsb, dan pemodelan simulasi apa yg akan kita lakukan, apakah 1D, 2D, atau 3D.

b. Pre processing:

Pada tahapan ini, kita menentukan situasi perhitungan CFD yang akan di buat. Hal ini termasuk bentuk sistem, konstanta – konstanta fisikal, kondisi sempadan, dan juga sistem perhitungan yang akan dilakukan (apakah perhitungan panas, kecepatan, tekanan, mass transfer, dll). Tahapan ini bertujuan untuk mengenali kasus dengan jelas sebelum dilakukan analisa CFD. Oleh karenanya juga termasuk ke dalam ke detailan domain (grid), ketelitian perhitungan (jumlah cell), dan asumsi asumsi lainnya (kondisi turbulensi, bil reynolds, dll). Setelah parameter – parameter selesai ditentukan, kemudian kita input parameter tersebut ke dalam software CFD. kemudian menghitungnya.

c. Processing

Proses perhitungan analisis kasus (pada software CFD) yang dilakukan oleh komputer. Kita menunggu hasil tersebut untuk melihat apakah hasilnya konvergen atau divergen atau residu. Hasil yang dapat diterima ialah konvergen dan residu dengan plot yang mendekati konvergen.

d. Post processing

Melihat hasil perhitungan yang telah dilakukan. Di sini software cfd akan menampilkan hasil dari perhitungan tersebut tergantung parameter yang dimasukkan. Misalnya memasukkan parameter untuk perhitungan kecepatan aliran saja, maka hasil untuk kecepatan aliran dapat ditampilkan, tetapi tidak untuk perpindahan massa. Hasil tersebut bisa berupa kontur atau vektor (tergantung opsi pada software CFD). Pada software akan angka2 hasil perhitungan di setiap titik akan diwakili oleh pewarnaan yang sesuai dengan hasil perhitungan.

Contoh kasus:

a. Identifikasi masalah:

tujuan dilakukan simulasi ialah untuk mengetahui pembentukan kondensat akibat eddy yang terbentuk saat steam menumbuk strainer.

b. Pre processing:

Pada tahap ini model dibentuk dalam software CAD, kemudian diekstrak fluid regionnya, dan melakukan mesh, serta mesh refining pada strainer. Setelah itu memasukkan konstanta-konstanta yang ada pada tiap boundary conditions.

c. Processing

Melakukan iturasi. Saat simulasi ini dilakukan, iterasi dilakukan hingga konvergen, namun dengan menurunkan kriteria konvergensi menjadi 0.01 agar dapat segera diperoleh hasil yang mendekati.(sangat tidak direkomendasikan)

d. Post processing

Pada kontur distribusi temperature MSS di atas, terjadi peningkatan suhu pada bagian atas dan bawah, meskipun kisarannya hanya sebesar 0,5-10 C. Ini terjadi karena adanya penurunan kecepatan secara drastis dan terjadinya turbulensi pada bagian tsb yang meningkatkan eddy viscosity dan energi kinetik turbulensi. Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan pada simulasi MSS ini, diantaranya ialah tidak terjadinya mass balance pada sisi inlet dan outlet. Juga besarnya mesh dari basket yang tidak diketahui dari data yang ada. Untuk ukuran mesh yang digunakan dalam simulasi ialah berdiameter 1 inch, dikarenakan keterbatasan recousce hardware untuk melakukan komputasi. Harapan data output untuk pembentukan droplet karena tumbukan stream dengan basket MSS pada simulasi ini tidak dapat diperoleh, karena untuk mensimulasikan fenomena tersebut dibutuhkan metode simulasi transient dengan discrit-phase, sedangkan pada simulasi ini menggunakan metode steady-state.

About Mahdiy

Seorang penuntut ilmu kecil-kecilan.. ^^

Posted on Desember 1, 2012, in CFD and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Selamat Malam…
    Kalau mensimulasikan tentang pengurangan kelembaban (dehumidifier), dengan input properties yang tidak konstan. Bagaimana di bagian setupnya ya?
    mohon pencerahannya….
    terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: