Ketindihan, Gangguan Jin kah?

Bismillahirrahmaanirrahiim

Tulisan kali ini tulisan ringan, dan sekedar sharing mengenai yg disebut ‘tindihan’ atau erep-erep, atau apalah namanya. Yang jelas terkadang terjadi ketika kita sedang tidur. Pernahkah terbangun dari tidur dalam keadaan kita ga bisa menggerakkan anggota tubuh? Seperti seolah ada yang menindih tubuh kita sehingga tubuh tidak bisa digerakkan, meskipun sudah mengeluarkan tenaga sekuat-kuatnya. Biasanya tindihan ini memang dikaitkan dengan hal mistis, seperti gangguan jin. Karena biasanya orang yang mengalami hal ini mengalami rasa takut yang besar, ataupun bahkan sampai melihat sosok-sosok menyeramkan. Sebenarnya fenomena ini dapat dijelaskan secara ilmiah, bahasa kerennya itu Sleep Paralysis (Lumpuh Tidur). Nah Sleep Paralysis ini terjadi pada saat tubuh berada pada fase Rapid Eye Movement (REM). Pernahkan kita melihat orang tidur bola matanya gerak-gerak? Disitulah terjadi fase ini. Pada fase ini pula biasanya kita mengalami yang namanya mimpi.

Bagaimana bisa terjadi yang namanya ‘tindihan’?

Tubuh kita memang telah Allah ta’ala desain dengan sedemikian rupa. Ketika kita tidur, pada saat mencapai suatu fase, tubuh akan mematikan/memutus hubungan saraf motorik(somatik) dengan otak kita, sehingga tubuh kita tidak dapat bergerak. Kegagalan tubuh dalam mengatur hal ini ada 2 jenis:

  1. Tubuh tidak memutus hubungan dengan saraf motorik ketika seseorang sedang bermimpi. Nah disinilah yang disebut dengan mengigau. Misal saja orang tsb sedang bermimpi bermain bola, maka kakinya bergerak-gerak seolah menendang bola dalam keadaan tidurnya. Atau seseorang mengucapkan sesuatu yang terdengar dengan jelas ketika tidur, yang sebenarnya itu adalah ucapan dalam mimpinya.
  2. Tubuh masih memutus hubungan dengan saraf motorik ketika kita terbangun. Disinilah yang orang-orang sebut dengan tindihan. Ketika terbangun, kita sangat sulit/tidak dapat menggerakkan tubuh sama sekali, termasuk lisan kita.

Apakah gangguan jin?

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa ini terjadi karena karena kegagalan pengaturan sel saraf dari tubuh kita sendiri. Biasanya terjadi karena tubuh terlalu lelah atau kurang tidur. Namun apakah memang tidak ada pengaruh dari jin sama sekali? Dari keterangan beberapa ustadz dalam kajian ataupun saat sesi tanya jawab, tindihan terjadi karena pengaruh gangguan jin. Bahkan beliau mengatakan bahwa tindihan jika dibiarkan/tidak dilawan maka bisa saja mengakibatkan kematian -,- Wah ngeri banget. Terus bener itu gangguan jin atau sebatas gangguan pada tubuh? Menurut(pengalaman) saya, yang sudah ga terhitung pakai jari berapa kali mengalami tindihan, mulai dari sangat takut kalau tindihan, sampai tindihan itu fenomena yg saya cari-cari. Memang ada perbedaan antara tindihan yang semata-mata karena kegagalan tubuh(karena terlalu letih), dengan tindihan yang terjadi karena gangguan jin. Kalau yang terjadi karena gangguan jin, biasanya ya sebelumnya lupa dzikir sore ataupun dzikir sebelum tidur. Kalau dari efek ketakutannya, saya kira orang yang baru beberapa kali mengalami tindihan dan belum tahu tindihan itu apa, ya pastinya parno(paranoid) banget, dan menyangka itu gangguan jin. Biasanya sih orang yang seperti ini pastinya langsung membaca doa ataupun ayat Qur’an(Ayat kursi, muawwidzatain, atau ayat&surat lain yang ia hafal) untuk mengusir rasa parnonya saat tindihan -dan ini hal yang positif. Dan pastinya pula mulut/lisannya akan sangaaat berat untuk melafazhkannya, karena ya memang hubungan dengan saraf motorik mulut sedang diputus.

Apa yang harus dilakukan saat tindihan?

Jika tindihan tersebut terjadi ketika sebelumnya kita bermimpi buruk, maka ada sunnah yang bisa kita lakukan saat mengalami mimpi buruk,

Jika seseorang bermimpi sesuatu yang ia benci (buruk) hendaklah ia meludah kesebelah kirinya sebanyak tiga kali, dan memohon perlindungan dari Allah عزوجل dari syetan sebanyak tiga kali, serta merubah posisi tidurnya dari posisi semula ia tidur.” (HR. Muslim 2262).

Tapi berhubung tubuh kita juga tidak bisa digerakkan, maka cukup berta’awwudz/memohon perlindungan pada Allah ta’ala dalam kesadaran kita, karena mimpi tadi (dan tindihannya) merupakan gangguan dari syaitan. Memang lebih baiknya untuk bangun dan melaksanakan sholat(dalam hadits lain menyebutkan demikian). Tinggal tunggu beberapa saat, nanti perlahan mulai dari ujung jari kita akan dapat bergerak dengan sendirinya, tidak perlu memaksakan tubuh untuk bergerak, karena hanya akan menimbulkan kelelahan yang sangat. Namun, jika bukan karena mimpi buruk, jangan parno duluan, tetap tenang, dan kembali ke dalam tidur kita. insyaAllah tidak terjadi apa-apa.

Sebenarnya ada hal menarik yang bisa kita lakukan ketika tindihan. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa tindihan terjadi pada fase REM yang merupakan fase mimpi kita, maka kita bisa masuk ke dalam fase mimpi sadar, atau istilahnya Lucid Dreaming (yang udah pernah nonton Inceptionthe best sci-fi film ever!- pasti tahu). Dalam dunia LD, ada istilahnya: WILD (Wake Induced Lucid Dreams) dan ada sensasinya lho ketika beralih dari fase sleep paralysis ke fase lucid :). Untuk yang belum tahu Lucid Dream itu apa, intinya sih kita sadar kalau kita sedang bermimpi, dan bisa melakukan apa saja tentunya dalam mimpi tsb (katanya, tapi tidak semua). Untuk yang mau nyoba LDing, jangan banyak berharap, LDing sebenarnya cuma buat seru-seruan, menghilangkan penasaran aja, dan sebenarnya ga ada manfaatnya.

Tulisan ini ditutup dengan nasihat untuk diri dan pembaca agar memperbanyak porsi dzikrullaah kita. Terutama untuk dzikir pagi-sore (atau yang lebih mengenalnya dengan istilah alma’tsurat) karena selain sunnah muakkadah, terdapat keutamaan yang besar dalam adzkaar tersebut dan kandungan doa-doanya yang amat mendalam. Dzikir akan melindungi kita dari segala gangguan makhluk, dan yang peling penting bahwa dzikir merupakan kebutuhan dan kehidupan bagi setiap mu’min, ibarat ikan yang membutuhkan air. Jangan lupa juga untuk berdzikir sebelum tidur, atau minimal membaca doa sebelum tidur

Semoga bermanfaat

Wallahu ta’ala a’lam

Link terkait:

http://rumaysho.com/belajar-islam/amalan/3380-bacaan-dzikir-petang.html

http://belajarberislam.wordpress.com/2010/02/24/keutamaan-wirid-sebelum-tidur/

http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008645745/lucid-dream-experience—level-2

About Mahdiy

Seorang penuntut ilmu kecil-kecilan.. ^^

Posted on Desember 26, 2012, in Keislaman and tagged , , . Bookmark the permalink. 25 Komentar.

  1. Saya pernah mengalaminya,dan saya tidak bisa bergerak
    sama sekali,tpi ketika saya tidak bisa gerak dan badan saya merinding semua
    ada yang memanggil nama saya selama saya erep erep ,,

    mohon dijiawab.

  2. kalau menurut saya yang sering sekali mengalami kebiasaan, memang fenomena ketindihan ini bisa terjadi karena adanya gangguan dari jin namun juganbisa juga karena gejala medis seperti yang pernah saya tulis http://jendelasehatq.blogspot.com/2014/08/fenomena-ketindihan-dari-kacamata-medis.html thanks

  3. sayaaa sering sekali mengalami tindiyan dr sejak SMP wktu dpesantren, SMA jga sering mengalaminya hingga skrg sya masih kuliah..
    tetapi saya tindihannya swktu akn memulai tidur.. jd saya masih sadar lalu tiba2 sja tubuh ga bisa digerakkan, ga bisa buka mata,, sya sudh berdzikir.. tp ttep saja..
    dan biasanya tindihannya ga cuma sekali, tp sampai 3x di stiap mau tidur malam…
    mohon penjelasannya dan solusinya,
    terimkasih..

  4. biasanya saya mengalami tindihan kalo bergadang

  5. tindihan itu bisa juga karena pola tidur kita yang kurang baik,

  6. Saya sudah beberapa kali mengalami nya .
    Dan itu terjadi ketika saya sedang tidur di siang hari..
    Biasanya saya kalau tidur selalu diawali dengan berdzikir dan berdoa..
    Tetapi pada waktu itu saya lupa berdzikir dan berdoa. Dan tiba tiba ketika suda tertidur ,,s saya mengalami apa yg di bahas di atas..
    Badan saya seperti di bekaap dengan kencang sehingga sulit untuk bergerak dan bernafas dan mengucap pun susah..
    Di situlah saya baru ingat ALLAH..
    Pada saat itu langsung saya berdzikir dalam keadaan di bekap.
    Karena dzikir menggunakan Mulut nggak bisa akhir nya saya berdzikir dengan Hati..

    Dan akhirnya badan saya normal kembali dan bisa di gerak gerak kan..
    Setelah itu saya baru ingat kalau tadi pas mau tidur saya tidak berdzikir dan berdoa kepada ALLAH yg maha melindungi..
    Itu lah pengalaman saya.

    Terima kasih untuk artikel di atas..
    Dengan membaca saya jadi tahu.
    Jadi teman teman jangan lupa untuk zikir atau membaca doa pada saat mau tidur siang / malam.. Maupun dalam melakukan segala hal.
    Karena banyak makhluk yg tidak bisa kita lihat dengan mata kita yang akan menggangu kita dimna pun kita berada..
    Wassalam.

  7. Gw dah pernah ngalamin keknya sih 3x ,yg pertam gabisa gerak trus ane baca doa sambil berusaha mukul tembok biar sadar ,trus yg ke 2 ini serem banget ,gw pas bangun” liat sosok kaya malaikat maut gitu aura gw kaya kesedot dan degdeg an ,trus gw merem sbentar baca doa trus pulih nah yg ketiga ,sama kaya yg pertama tp klo ini ane baca doa trus abis bisa gerak lagi ane ngomel” abisnya kesel gangguin org aj ni jin pikir ane , semua itu terjadi bangun tidur ,biasnya pas ane tidur sore kebangun pas maghrib , dan sblm ny ga baca doa sblm tidur jd mnkin emg makluk halus. Lagipula di tmpat kosan ane dlu rmg angker , tp udh dibersihin sama tetangga ane krna dia paranormal ga separah sblom ane kesitu , masalah tindihan itu pas bbrp bulan sblm ane pindah krna emg bangun rumah ny udh selesai ,skitar 1th nan sih disitu , tp ane ngalamin tindihan itu bru pertama kali ,ya di tempat kosan ane dlu itu yg terkenal angker , penghuni sblm gw ,ktanya emg ga betah bru sebentar pda pergi , tp gw cuek lah krna lagian pindahanya brg tetangga gw yg terkenal paranormal sbnrnya dia tmen skolah ibu gw dlu jd kenal lumayan baik.

  8. Reblogged this on Selalu Merindukan Ibu and commented:
    Sebelum beranjak tidur sebaiknya mensucikan diri dengan air wudhu, atur(rapikan) posisi tidur (pakaian, bantal, slimut dan badan kita) lalu berdoa.

  9. Saya sendiri sudah mengalami dari yg tidak bisa bergerak dan tdk melihat makhluk gaib, lalu tdk bisa bergerak dan saya melihat pocong, terakhir (semoga) bisa bergerak, leher tercekik lalu saya mengambil hp dan meminta bantuan lewat telfon temen dan melawan sosok itu seremnya lagi sosok hitam berkepala tanpa tangan dan kaki dari leher sampe bawah berbulu.

  10. saya pernah kejadian hal yang seperti ini.
    sampai-sampai waktu pertama kali saya merakan ini saya kira saya sudah mati.

  11. Aku sering bangett, dari kecil mgkin SD.
    Bukan hanya ketindihan, tapi jga pernah merasa melayang dalam tidur,, tapi rsanya sperrti ketindihan jga.
    Pernah ketindihan hampir 2 bulan setiap malam mau tidur,, dlm msa ketindihan aku baca QS 1, 112, 113, 114 sambil berusaha membangunkan diri, oke bangun, tapi pas coba tidur lagi gitu lagi, dan klo lgi kena kaya gitu, biasanya ak klo di rumah masuk kamar ibu dan megang tangan, atau kaki ibu, pasti aku bsa tidur. Kebetulan ak ngekost wktu itu jd ak ngetuk kamar kaka dikost dan megang tangannya baru ak bsa tidur.
    Nah,,skrg ak udah tau cara nangkalnya,
    Klo lg kumat,
    Aku Baca Ayat kursi, Al-Fatihah, Al-Ikhlas, An-nas, dan Al-Falaq.
    Masing2 3kali trus aku tiup ditelapak tanganku, ku usapkan dari ubun2 smpai kaki. Itu aku kerjakan setelah kumat dan sblm mencoba tidur lagi
    Karena kalo pas masa kumatnya hal itu ga mempam karna susah nyelesai baca surah 3x aplg sebanyak itu.
    Klo mau di lakukan tiap sebelum malah bagus, blkgn aku tau ternyata Rasulullah sebelum tidur baca Surah2 itu juga loh…
    Insya Allah, kita selalu dalam lindunganNya, karena Dia tidak akan pernah mengabaikan hambaNya mengingatNya.
    Semoga bermanfaat, maaf kata2 ak agak berantakan he.

  12. Wah, kalau aku udah tau ada dimimpi dari awal.
    Jadi begitu REM langsung ngedatengin Jinnya dan Buat perhitungan, ats seizin Allah.

  13. saya sudah mengalaminya ribuan kali dalam semalam bisa sampai 3 atau 4 kali atau lebih, bahkan dari masi SD , saya mengalaminya bahkan sebelum tertidur artinya dalam keadaan blm tertidur udah tertindih.. alhamdulillah saya melawanx dgn ayat2 Allah n Alhamdulillah walaupun dgn susah payah saya bisa terbangun, pengalaman saya semakn saya membaca ayat2 Alquran saat tertindih pinggangkuku seaakan di remas n sangat sakit, seperti jin yg melawan tidak mw pergi. wallahualam. tp itulah yg saya alami.

  14. Saya Ngalamin Pada Saat Setelah Solat Subuh.Pas Selesai Saya Tidur Pukul 05.10 (asli Gak Bohong)nah Terjadi Erep Erep.Saya Ingat Waktu Erep Erepnya Pukul 05.30.Setelah Beberapa Detik Saya Berusaha Menggerakan Jari Dan Berhasil Bangun.Tapi Saya Heran Bisa Terjadi Itu

  15. Ka Aku Baru ajh di erep erep sampe nangis nangis pas udahn.. Aduh ampun ITU kuping berisik bngt serasa bayang bayang mimpii . Sampe Lemes semua badan hampir tiap Hari kya gtu.. dari yg Udh Saya baca. Memang benar si Saya ITU Kurang tidur Dan lelah.. yg membuat Saya bingung. Ituu kerasa lama tapi pas Saya tengok JM sbentar.kenapa bisa bgtu?.
    Dan oh Iyh yg kk jlasin TDI bisa Masuk Ke mimpi.. Dan ITU Seru sekaligus Aneh . Pas dari mimpi tibba* mata melek kaki keras . Dan sya kemimpi lagi Dan kembali lagi. Itu membuat Saya Capee.. Engga sayang. Hahaha idih lantes hayah.. Engga sayang. Hahaha idih lantes hayah..

  16. Maaf ka ITU yg Kata Kata sayang . Salah.. ITU Aku Salah Mau di copy malah salin. JadI mohon Maaf ya ka
    Dan TERIMAKASIH Atas informasinya . Sangat bermanfaat

  17. Udah sering tindihan jg sih, mmng rasanya berat banget..tapi yg saya lakuin kalo sadar trnyata lagi tindihan, saya lngsung baca ayat alquran…walaupun berat tapi ada manfaatnya, rasanya kaya ada yg keluar dari badan gitu

  18. Saya tulis komentar ini karna saya jg barusan tindihan dan langsung searching apa penyebabnya, dan ternyata emng bener dugaan saya karena gangguan jin…padahal saya udh sering tidur tapi masih aja kaya ada yg masuk dalam badan

  19. Mas, saya setiap hari mengalaminya apa yang diatas dituliskan memang benar, klo kita memaksakan untuk terbangun badan kita cape, dan sakit. Terus benar saya juga merasakan yang namanya merinding, udah baca ayat apapun malah merinding dan makin erat, satu menit terbangun dan pindah posisi baca doa dan tidur lagi dlm hitungan beberapa dekit ketindihan lagi, saya sebenernya cape kaya gini terus, stres jadinya. Dzjikir udah saya lakukan setiap hari pagi sore malem tapi tetap saja :(

  20. dewi ambar wati

    ya allah barusan aku ngerasain yg kyak gtu dan heran nya ud se x aku di apain trus ku bca doa apa aja udah egk lagi tapi cuma brapa menit aj trus yg ke 2x ny aq mw tdurvlg ditindih lg dan sampek gk berani mejam mata
    yg saya pertanyakan knpa saya baca ayat kursi gk mempan ?

  21. aku sering alami ketindihan.tapi yg paling ku ingat saat ketindihan ada suara wanita tertawa kemudian aku baca ta’awud 3 kali.kemudian aku dengar suara rintihan sepertinya dia tersakiti dengan apa yg aku baca.akhirnya bisa sadar …

  22. gw juga pernah tuh…. emank reseh tuh jin …
    yg lebih serem pas gw dah bangun trus gw berdiri dsamping ranjang langsung serinding dari ujung kaki smpe ujung kpala gw…
    klo gitu kita bersatu aja gan.. buat perang ama ni setan pengganggu tidur….

  23. sya pernah mengalami tindihan. Pas aku berteriak mulut aku kayak ada yang tutup, mata aku juga ditutup, dan tangan aku sama kaki gak bisa digerakin untungnya aku masih bisa bernapas. Terus minta pertolongan pada Allah, aku baca al-Fatihah masih aja gak bisa begerak atau bicara, terus aku berdzikir, alhamdulliah aku langsung bisa buka mata dan bernafas.

  24. Dan kalau mau tidur, usahakan berwudhu dulu itu sunnah rasul. dan tidurnya ngadap kanan, jangan terlentang atau tiarap.

Tinggalkan Balasan

