Dibini Dulu Baru Dibina

rose ringMemilih calon pasangan dengan istilah “Dibini Dulu Baru Dibina” memang masih menjadi pilihan beberapa ikhwan. Tidak salah memang memilih calon istri berdasarkan kecantikannya, karena salah satu tujuan pernikahan ialah untuk menundukkan pandangan, dan ini akan terpenuhi bila sang istri menyejukkan mata suaminya ketika ia memandangnya.

Namun pernikahan bukan sekedar memenuhi nafsu saja, lebih dari itu, yaitu untuk menyempurnakan agama&ibadah, menegakkan rumah tangga yang Islami, dan membentuk generasi penerus ummat ini. Oleh karena itu, Nabi shallallahu’alayhi wa sallam menyuruh kita untuk memilih wanita karena agamanya. Karena agama-lah yang dapat membimbing dalam aqidah, ibadah, muamalah, dan akhlaqul karimah.

Seorang wanita dinikahi karena empat hal; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang taat agamanya (ke-Islamannya), niscaya kamu akan beruntung.” [Muttafaq ‘alayhi]

Jika setelah pernikahan kita masih sibuk untuk membina istri kita, mengajarkannya aqidah dan ibadah yang shohihah, mengajarkan mu’amalah dan akhalqul kariimah, mengajarkannya untuk membaca al-Qur’an sesuai kaidah(tajwid), membimbingnya untuk menghafal al-Qur’an yang mudah. Maka akan sulit untuk berakselerasi menuju tujuan pernikahan yang sesungguhnya. Apakah ketika anak kita telah terlahir, sang istri telah mampu untuk menjadi madrasah baginya? Atau pembinaan terhadap istri cenderung lambat atau bahkan tidak berhasil sehingga sang bunda tidak dapat menjadi tauladan bagi anaknya?

About Mahdiy

Seorang penuntut ilmu kecil-kecilan.. ^^

Posted on Januari 5, 2013, in nikah and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: