Kenapa Memelihara Jenggot?

beard sunnah photo cover fecebook

Keep beard its a sunnah, for facebook cover photo

Diantara teman-teman yang memelihara jenggot, masih agak kesulitan ketika ada yang bertanya kenapa kok jenggotan. Saya yakin mereka sudah tahu akan perintah&sunnah untuk memelihara jenggot, namun ketika menjawabnya ke orang awwam terlebih non-muslim, mungkin agak bingung untuk menjelaskan dan memilih kata-kata. Semoga jawaban di bawah dapat membantu.

Repost dari status Ust Dr. M. Arifin Baderi;

Suatu hari saya melakukan perjalanan dari Surabaya ke Jakarta. Kala itu saya duduk disebelah seorang etnis Cina. Lelaki itu rupaya tidak kuasa menahan rasa penasarannya (ust arifin berjenggot lebat -red), ia bertanya: maaf pak, apa harus berjenggot seperti penampilan para teroris seperti ini? Mendapat pertanyaan ini, saya menjawab: iya, harus.

Kembali lelaki itu bertanya: mengapa?

Saya menjawab : karena jenggot adalah identitas saya sebagai seorang lelaki. Saya adalah seorang yang beragama Islam, dan Islam mengajarkan agar umatnya menjaga identitasnya. Diantara identitas yang harus dijaga ialah identitas gender. Saya sebagai lelaki harus menjaga identitas sebagai lelaki sehingga berbeda dengan lawan jenis.

Dengan menjaga identitas, maka secara langsung kita menjaga jati diri, kepribadian dan karakter.
Dengan terjaganya penampilan, kepribadian,karakter dan jati diri, maka kaun lelaki dapat menjalankan fungsinya sebagai laki-laki.

Namun apa boleh dikata, di zaman sekarang, telah banyak yang terbalik-balik, lelaki berhias, beranting, berkalung, bergelang, celana gombrang, rambut gondong dikuncir, dan suka berdandan. Namun wanita sebaliknya, rambut cepak, celana pendek, baju ketat.

Kemudian saya balik bertanya: Coba pak, apa bapak mau menerima seorang lelaki yang berpenampilan gondrong, berjalan lenggak-lenggok, penuh dengan perhiasan, bersuara lembut mendayu- dayu bak biduwanita, sebagai calon suami putri bapak?

Demikianlah gambaran yang sebenarnya ttg penampilan jenggot.

Buat saya pribadi, belum pernah ada yang bertanya secara langsung ‘kenapa lo jenggotan’ -iya lah, jenggot baru beberapa helai gini :D. Namun kalau ditanya kenapa ada orang yang jenggotan -mirip kambing-, sudah beberapa kali.

About Mahdiy

Seorang penuntut ilmu kecil-kecilan.. ^^

Posted on Januari 5, 2013, in Keislaman and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: