No Need Tutorial for Hijab Shar’e

hijab tutorial syar'i islami

Mbak-mbak saudari muslimah, kenapa sih suka banget pake jilbab yang modelnya aneh-aneh n nyentrik? ada yg jilbab pocong, jilbab kecekek, jilbab punuk onta, jilbab ninja, sampai jilbab dengan nama artis yg dibubuhi kata ‘style’ dibelakang nama artis tersebut. Udah gitu pakenya juga ribet lagi, sampai butuh tutorial segala. liat aja deh tuh di youtube banyak banget tutorial cara pake jilbab(sebenernya sih kerudung). Dulu memang istri-istri Rasulullah ngajarin ya cara pakai jilbab yang macem-macem? yang mereka –radhiallahu’anhunna– ajarkan itu cara berhijab dengan benar, bukan modelnya. Hijab yang syar’i itu simple, sesuai dengan fitrah wanita, jadi ga perlu diajar-ajarin lagi..

Untuk yang baru saja berhijab, saya ucapkan selamat, anda telah melakukan transaksi yang menguntungkan untuk dunia dan akhirat anda, dan saya do’akan semoga tetap istiqomah untuk senantiasa mengenakan hijabnya, tidak tergoda dengan dandanan dan style kebanyakan wanita dewasa ini yang semakin ga karuan. Tapi yang perlu ditekankan di sini, hijab itu fungsinya untuk menutupi ‘perhiasan’ anda, bukan malah dijadikan sebagai hiasan. Wajah, rambut, lekuk tubuh, sikap yang genit, dan harumnya parfum, itulah perhiasan anda. Jika dulu sebelum berhijab anda memakai gaya rambut yang menurut anda anggun dan cantik untuk tebar pesona dan menarik perhatian orang, kemudian saat berhijab anda juga melakukan hal yang sama(yaitu mengenakan hijab yang dihias-hias, baik dengan modelnya, warnanya, atau aksesorisnya). Lantas apa bedanya? itulah yang dinamakan dengan tabarruj yang dilarang dalam Islam. Dan kasihani juga kami para lelaki, yang juga berusaha menjaga agamanya, berusaha menghindari fitnah. Bantu kami dengan tidak mengumbar perhiasan anda :)

ditutup dengan ayat;

وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

“Janganlah kalian bertabarruj sebagaimana tabarruj orang-orang jahiliah yang awal.” (QS.Al-Ahzab: 33)

Ingin tahu jilbab yang ideal dan benar-benar syar’i seperti apa? cek http://www.konsultasisyariah.com/apaka-batasan-jilbab-syari/

About Mahdiy

Seorang penuntut ilmu kecil-kecilan.. ^^

Posted on Januari 15, 2013, in curhat, Keislaman and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. *** HIJAB/JILBAB ADALAH PAKAIAN TAQWA SEORANG WANITA ***

    ♥ Inilah HAFSHAH BINTI SIRIN rahimahallah di usianya yang senja (tua) masih berhati-hati dan enggan untuk menampakkan auratnya, sekaligus pelajaran dan nasehat bagi para wanita muda yang bergampangan dalam menampakkan aurat mereka bahkan tidak merasa berdosa atas kelakuannya ♥

    Teladan wanita shalihah dari generasi As-Salafush Shalih:
    Sa’id bin Manshur, Ibnul Mundzir dan Al-Baihaqi rahimahumullah meriwayatkan tentang Hafshoh binti Sirin rahimahallah di umur tuanya, dari ‘Ashim Al-Ahwal rahimahullah, ia berkata:

    ﺩﺧﻠﺖ ﻋﻠﻰ ﺣﻔﺼﺔ ﺑﻨﺖ ﺳﻴﺮﻳﻦ ﻭﻗﺪ ﺃﻟﻘﺖ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺛﻴﺎﺑﻬﺎ ﻓﻘﻠﺖ ﺃﻟﻴﺲ ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ { ﻭﺍﻟﻘﻮﺍﻋﺪ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﺍﻟﻼﺗﻲ ﻻ ﻳﺮﺟﻮﻥ ﻧﻜﺎﺣﺎ ﻓﻠﻴﺲ ﻋﻠﻴﻬﻦ ﺟﻨﺎﺡ ﺃﻥ ﻳﻀﻌﻦ ﺛﻴﺎﺑﻬﻦ } ﻗﺎﻝ : ﺍﻗﺮﺃ ﻣﺎ ﺑﻌﺪﻩ { ﻭﺃﻥ ﻳﺴﺘﻌﻔﻔﻦ ﺧﻴﺮ ﻟﻬﻦ } ﻭﻫﻮ ﺛﻴﺎﺏ ﺍﻟﺠﻠﺒﺎﺏ

    “Aku pernah menemui Hafshoh binti Sirin dan ia benar-benar masih mengenakan jilbabnya. Maka aku katakan: Bukankah Allah ta’ala telah berfirman (QS. An-Nuur: 60); “Dan wanita-wanita tua yang tidak bisa lagi memiliki anak, yang tidak lagi bernafsu untuk menikah, maka tidak ada dosa bagi mereka untuk melepaskan jilbab-jilbab mereka (tanpa menampakkan perhiasan)”
    Hafshah berkata: Bacalah ayat setelahnya, “Dan jika mereka menjaga kesucian (dengan tetap mengenakan jilbab) maka itu lebih baik bagi mereka” maknanya tetap mengenakan jilbab (itu lebih baik).”
    _______
    [Ad-Durrul Mantsur, 11/112]

    ♥ Inilah SHAHABIYAH radhiyallahu ‘anhu yang dalam keadaan tidak sadarkan diri pun malu jika auratnya tersingkap. Pelajaran dan nasehat bagi sebahagian besar wanita Muslim yang membuka auratnya dengan penuh kesadaran bahkan tanpa rasa malu ♥

    ﺇﻥ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓُ ﺍﻟﺴَّﻮْﺩَﺍﺀُ ﺃَﺗَﺖِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰَّ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﻗَﺎﻟَﺖْ ﺇِﻧِّﻰ ﺃُﺻْﺮَﻉُ ﻭَﺇِﻧِّﻰ ﺃَﺗَﻜَﺸَّﻒُ ﻓَﺎﺩْﻉُ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻟِﻰ . ﻗَﺎﻝَ « ﺇِﻥْ ﺷِﺌْﺖِ ﺻَﺒَﺮْﺕِ ﻭَﻟَﻚِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔُ ﻭَﺇِﻥْ ﺷِﺌْﺖِ ﺩَﻋَﻮْﺕُ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺃَﻥْ ﻳُﻌَﺎﻓِﻴَﻚِ . ﻗَﺎﻟَﺖْ ﺃَﺻْﺒِﺮُ. ﻗَﺎﻟَﺖْ ﻓَﺈِﻧِّﻰ ﺃَﺗَﻜَﺸَّﻒُ ﻓَﺎﺩْﻉُ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺃَﺗَﻜَﺸَّﻒَ . ﻓَﺪَﻋَﺎ ﻟَﻬَﺎ

    Seorang wanita mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam , dia mengadukan masalahnya: “Sesungguhnya aku sering kesurupab, hingga auratku terbuka, mohon doakan aku agar lekas sembuh. Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Jika kamu bersabar maka bagimu surga, namun jika engkau tetap ingin sembuh, aku akan berdoa pada Allah agar menyembuhkanmu.”
    Wanita solihah ini menjawab, ”Aku memilih sabar. Namun tolong berdoa pada Allah agar auratku tidak terbuka (saat kesurupan).” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan agar auratnya tidak terbuka.”
    _______
    *(HR. Al-Bukhari; 5652 dan Muslim; 2576)*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: