Pembongkaran Makam Hujr bin ‘Adiy

makam hujr bin adi suriahBegitu buka internet hari ini, saya mendapatkan sebuah kabar mengenai pembongkaran makam salah seorang shahabat Nabi, Hujr bin ‘Adiy -radhiallahu’anhu di Suriah. memang cukup mengagetkan, karena perbuatan asal bongkar makam merupakan bentuk perendahan terhadap jasad kaum muslimin, terlebih jika orang tersebut memiliki kedudukan yg tinggi dalam Islam dan kaum muslimin.

Setelah sedikit menggali informasi, memang makam tersebut telah dibongkar beberapa hari lalu, namun berita mengenai siapa yg bertanggung jawab atas pembongkarannya masih simpang siur (menurut saya). Beberapa versi yg saya temukan:
1. Mujahidin FSA membongkar & mengangkat jasad yg ada dalam makam tersebut, dengan sangat bangga, kemudian menyebarkan foto pembongkaran makam secara online (bahkan ada foto yg diklaim sebagai jenazah dari Hujr bin ‘adiy). kemudian memindahkan jenazahnya ke tempat yg tidak diketahui.
2. FSA (dari front an Nushrah) menggali makam tsb, namun tidak menemukan satu jasad pun di dalamnya, artinya itu makam kosong.
3. FSA menolak tuduhan bahwa mereka yg membongkar makam tersebut dan menyatakan bahwa rezim Syiah Basyar As’ad lah yang melakukan pembongkaran makan untuk mendiskreditkan para Mujahidin.

Jika dilihat dari versi di atas, maka belum ada yg benar2 bisa dipercaya. Namun satu hal yg patut jadi perhatian. Bahwa makam yang diklaim sebagai makam shahabat Nabi tersebut dibangun megah dan terletak dalam sebuah bangunan. dan makam tersebut telah menjadi salah satu situs kesyirikan (dan sebagaimana kita ketahui bahwa Syirk merupakan dosa yang paling besar, dan tidak dapat diampuni doasnya). Sebagaimana makam2 lain yang diagungkan (kalau di Indonesia contohnya makam2 wali songo, dan yang di anggap wali-wali lainnya). Di sana banyak kaum muslimin yang jahil terhadap agama mereka berdoa, menjadikan kuburan tersebut sebagai perantara, atau bahkan meminta langsung kepada penguni kuburan. dan ini merupakan bentuk kemungkaran.

Meratakan kuburan yang ‘lebay’ memang merupakan anjuran dari nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam, dalam sebuah hadits:
“.. dan jangan pula kamu meninggalkan kuburan kecuali kamu ratakan.” [HR. Muslim no.969]
Berkata Imam asy-Syafi’i, “Saya suka bila (kuburan) tidak dibangun dan ditembok, karena itu menyerupai penghiasan dan kesombongan, dan kematian bukan tempat bagi salah satu dari keduanya. Dan saya tidak melihat kuburan para sahabat Muhajirin dan Anshar ditembok. Seorang perawi menyatakan dari Thawus, bahwa Rasûlullâh shallallâhu ‘alaihi wasallam telah melarang kuburan dibangun atau ditembok. Saya sendiri melihat sebagian penguasa di Makkah menghancurkan semua bangunan di atasnya (kuburan), dan saya tidak melihat para ahli fikih mencela hal tersebut. [al-Umm, 1/258]

Mengenai pemindahan jenazah (yang dihormati/dimuliakan) ke tempat lain yang tidak diketahui, maka saya teringat akan kisah penemuan jenazah Nabi Daniel -‘alayhissalam, bahwa para sahabat ketika menaklukkan kota Tustur(di Persia) dan mendapatkan jasad Nabi Daniel ‘alaihissalam, mereka menggali tiga belas liang kubur di berbagai tempat, lalu memakamkan Daniel di salah satunya di malam hari. Setelah itu seluruh kuburan tersebut disamakan, agar orang-orang tidak tahu manakah makam beliau. [Al-Bidâyah wa an-Nihâyah, II/376-379]

Pertanyaannya ialah, JIKA memang benar mujahidin Suriah yang melakukan pembongkaran makam, dan pemindahan jasad Hujr bin ‘Adiy untuk menghindari bentuk2 kesyirikan yang dilakukan oleh kaum muslimin, apakah hal ini diperbolehkan? mengingat status mereka masih sebagai “pemberontak”, bukan yg memiliki otoritas resmi di Suriah.

dari berbagai sumber..
http://majalah-assunnah.com/index.php?option=com_content&view=article&id=244
http://news.fimadani.com/read/2013/05/05/al-azhar-kutuk-pembongkaran-makan-sahabat-hujr-bin-adi-di-suriah/
http://zadandunia.blogspot.com/2013/05/situs-jejaring-sosial-berbahasa-arab.html
http://www.alsofwah.or.id/cetaktarikh.php?id=208
dll..

About Mahdiy

Seorang penuntut ilmu kecil-kecilan.. ^^

Posted on Mei 8, 2013, in Kabar Islam and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Menurut saya baik mereka memiliki otoritas ataupun tidak di suriah, dan apapun alasannya, pemindahan jenazah suci dari sahabat Rasulullah Saaw seperti ini jelas-jelas tidak dibenarkan. Bukankah kita dianjurkan untuk menghormati orang yang telah meninggal ? Terlebih lagi Hujr bin Adi ra adalah seorang sahabat Rasulullah Saaw.
    Dan memang benar bahwa di Arab Saudi kini, tempat-tempat bersejarah telah banyak di hancurkan dan sebagian lagi dialih fungsikan (kebetulan saya menyaksikan sendiri) dan memang benar pula bahwa mayoritas ulama setempat tidak mencela perbuatan tersebut. Namun tahukah anda bahwa hal itu dikarenakan pemerintah dan mayoritas ulama setempat menganut paham Wahabi ? dan memang begitulah paham Wahabi.

    • wah berarti paham wahhabi ini sudah ada sejak zaman imam syafi’i ya?? :D
      coba dibaca lagi tulisan saya di atas:

      “Saya sendiri melihat sebagian penguasa di Makkah menghancurkan semua bangunan di atasnya (kuburan), dan saya tidak melihat para ahli fikih mencela hal tersebut.” [al-Umm, 1/258]

  2. Terkait dengan tanggapan anda diatas, saya mengakui bahwa saya luput untuk menyadari bahwa kalimat tersebut merupakan perkataan imam Syafi’i yang berarti terjadi di masa beliau. Mungkin hal itu dikarenakan anda luput untuk memberikan tanda kutip penutup (“) pada kutipan saudara terkait kitab Al-Umm.
    Dan saya juga ingin menyampaikan berita bahwa ‘perataan’ bangunan bersejarah di Arab Saudi masih terjadi hingga sekarang.

  3. bagaimana kalau ka’bah atau makam nabi saja yg dibongkar??
    bukankah ada juga sbagian umat yg menjadikan kabah atw makam nabi sbgai perantaraan??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: