Category Archives: curhat

No Need Tutorial for Hijab Shar’e

hijab tutorial syar'i islami

Mbak-mbak saudari muslimah, kenapa sih suka banget pake jilbab yang modelnya aneh-aneh n nyentrik? ada yg jilbab pocong, jilbab kecekek, jilbab punuk onta, jilbab ninja, sampai jilbab dengan nama artis yg dibubuhi kata ‘style’ dibelakang nama artis tersebut. Udah gitu pakenya juga ribet lagi, sampai butuh tutorial segala. liat aja deh tuh di youtube banyak banget tutorial cara pake jilbab(sebenernya sih kerudung). Dulu memang istri-istri Rasulullah ngajarin ya cara pakai jilbab yang macem-macem? yang mereka –radhiallahu’anhunna– ajarkan itu cara berhijab dengan benar, bukan modelnya. Hijab yang syar’i itu simple, sesuai dengan fitrah wanita, jadi ga perlu diajar-ajarin lagi..

Untuk yang baru saja berhijab, saya ucapkan selamat, anda telah melakukan transaksi yang menguntungkan untuk dunia dan akhirat anda, dan saya do’akan semoga tetap istiqomah untuk senantiasa mengenakan hijabnya, tidak tergoda dengan dandanan dan style kebanyakan wanita dewasa ini yang semakin ga karuan. Tapi yang perlu ditekankan di sini, hijab itu fungsinya untuk menutupi ‘perhiasan’ anda, bukan malah dijadikan sebagai hiasan. Wajah, rambut, lekuk tubuh, sikap yang genit, dan harumnya parfum, itulah perhiasan anda. Jika dulu sebelum berhijab anda memakai gaya rambut yang menurut anda anggun dan cantik untuk tebar pesona dan menarik perhatian orang, kemudian saat berhijab anda juga melakukan hal yang sama(yaitu mengenakan hijab yang dihias-hias, baik dengan modelnya, warnanya, atau aksesorisnya). Lantas apa bedanya? itulah yang dinamakan dengan tabarruj yang dilarang dalam Islam. Dan kasihani juga kami para lelaki, yang juga berusaha menjaga agamanya, berusaha menghindari fitnah. Bantu kami dengan tidak mengumbar perhiasan anda :)

ditutup dengan ayat;

وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

“Janganlah kalian bertabarruj sebagaimana tabarruj orang-orang jahiliah yang awal.” (QS.Al-Ahzab: 33)

Ingin tahu jilbab yang ideal dan benar-benar syar’i seperti apa? cek http://www.konsultasisyariah.com/apaka-batasan-jilbab-syari/

Iklan

Saat Kasmaran Melanda

Cinta dan KasmaranSaat VMJ(virus merah jambu) muncul dan anda menyukai seorang wanita, maka ada dua kemungkinan; mengungkapkannya atau memendamnya.

Jika anda mengungkapkannya, maka ada dua kemungkinan; segera menikahinya atau tidak. Jika ya maka itu yang terbaik. Anda termasuk pemuda yg berani yg telah menyelamatkan diri anda dari fitnah, menjalankan sunnah Rasul dan menyempurnakan separuh agama anda. Jika tidak, maka ini malapetaka. Anda telah menjerumuskan diri pada sesuatu hubungan yg diharamkan -dengan istilah pacaran- dalam agama ini.

Apakah memendamnya berarti aman? Belum tentu.

Jika anda memendamnya, maka juga ada dua kemungkinan; memendamnya dengan maksud memeliharanya atau memendamnya dengan maksud membuangnya. Jika yg pertama (memeliharanya), maka anda menikmati hubungan tsb secara sepihak (dengan berinteraksi secara langsung, via sms, ataupun FB). Atau anda sering memikirkannya, dan anda menikmatinya. Maka kasihanilah diri anda! anda akan terbuai dalam angan2, terhanyut dalam khayalan yg tidak jelas dimana ia akan berkesudahan. Jika yg kedua (membuangnya), semoga Allah menguatkan hati anda untuk terus berusaha menjauhkan diri dari hal yg diharamkan, menjauhkan diri anda dari sesuatu ataupun perasaan yg anda belum berhak atas hal tersebut.

Ditetapkan atas anak Adam bagiannya dari zina, akan diperolehnya hal itu, tidak bisa tidak. Kedua mata itu berzina, zinanya dengan memandang. Kedua telinga itu berzina, zinanya dengan mendengarkan. Lisan itu berzina, zinanya dengan berbicara. Tangan itu berzina, zinanya dengan memegang. Kaki itu berzina, zinanya dengan melangkah. Sementara itu, hati berkeinginan dan beranganangan sedangkan kemaluan yang membenarkan itu semua atau mendustakannya.” [Muttafaq ‘Alaih]

©Muhammad ‘Abdullah, wp.me/Xvhl

*repost dari status Dwi Kuncoro dengan perubahan

%d blogger menyukai ini: